10 Rekomendasi Bahan Gorden yang Bagus untuk Suasana Baru

3 min read

10 Rekomendasi Bahan Gorden yang Bagus untuk Suasana Baru

Bosan dengan dekorasi rumah atau sekedar ingin memberikan suasana baru agar hunian terasa lebih fresh? Merubah gorden bisa menjadi solusi paling mudah dan pemasangannya juga cepat. Sayangnya, terlalu banyak bahan gorden yang bagus terkadang sedikit membuat kesulitan memilih mana yang pas menghiasi rumah.

Apa gorden minimalis seperti katun yang biasanya mempunyai banyak corak akan lebih baik? Ataukah bahan lace yang identik dengan pola renda cantik dan transparan lebih pas karena menambah kesan estetik? Pilihan yang sangat sulit, belum lagi selain dua bahan tersebut masih ada bahan menarik lain.

Apabila Anda sedang memikirkan opsi bahan kain yang bagus untuk gorden dan susah menentukannya, jangan pusing dulu. Kami akan memberikan rekomendasi terbaik untuk Anda agar lebih mudah menentukannya.

10 Rekomendasi Jenis Gorden Terbaik

Rekomendasi bahan yang kami berikan akan disertai dengan penjelasan singkat mengenai kain tersebut. Jadi, Anda bisa mengira-ngira tipe bahan gorden akan membawa kesan apa dan lebih cocok untuk ruangan yang temanya seperti apa. Ayo, langsung saja mari mulai dengan berbagai rekomendasi spesial untuk Anda.

1. Velvet

Bahan Gorden yang Bagus 1
source: amazon.com

Bagi yang menginginkan bahan gorden tebal, velvet adalah pilihan terbaik. Kain jenis ini akan memblok cahaya dengan sempurna, sekaligus mencegah angin masuk. Sangat pas untuk pemasangan di kamar karena mencegah silaunya sinar mentari pagi dan menjaga kamar agar tetap redup.

Velvet juga cukup fleksibel, pemilihan warna tua akan memberikan kesan mewah dan elegan, sedangkan pastel tone lebih hangat.

JenisHargaUkuran Meter
Velvet PremiumMulai dari Rp11.5000,5
Velvet Pola BordirMulai dari Rp110.0001,5

Cek harga promo di sini

2. Katun

Bahan Gorden yang Bagus 2
source: amazon.com

Katun merupakan salah satu bahan terfavorit karena tersedianya berbagai motif dan juga variasi kain. Untuk katun 100% juga termasuk bahan gorden yang bagus dan tebal meski masih sedikit kalah dari velvet.

Material cotton pas untuk Anda yang menginginkan gorden dengan pilihan motif yang banyak. Misalnya, seperti motif buah-buahan, gorden motif pemandangan cantik, atau bahkan motif lucu-lucu. Semua variasi motif tersebut pasti tersedia dengan material katun.

JenisHargaUkuran Meter
Katun 100%Mulai dari Rp13.5000,5
Katun 100% MotifMulai dari Rp23 ribu1,5

Cek harga promo di sini

3. Satin

Bahan Gorden yang Bagus 2
source: shopee.co.id

Kain satin cukup berbeda dengan dua kain sebelumnya, ciri khas dari satin adalah mengkilap dan halus. Jenis bahan gorden ini memberikan kesan mewah dan terlihat sangat cantik bila terkena cahaya lampu. Sifatnya yang bisa memantulkan cahaya juga akan membuat ruangan lebih harmonis kala malam.

Untuk pemakaian siang hari bila ingin membuka tirai tapi tidak sepenuhnya terlihat, bisa menambahkan vitrase gorden. Vitrase merupakan gorden transparan yang biasanya dipasang bersamaan bahan lain agar jendela tidak langsung terlihat.

JenisHargaUkuran Meter
Satin 100%Mulai dari Rp12.5000,5

Cek harga promo di sini

4. Lace

Bahan Lace
source: shopee.co.id

Material lace sedikit banyak mirip renda, bedanya berukuran lebih lebar dan panjang. Umumnya, lace lebih untuk gorden hiasan yang kemudian pemakaiannya digabung dengan tipe lain untuk memperindah tampilan.

Lace cenderung tipis, dan lebih rentan sehingga agak mudah robek. Pemakaian gorden lace memang perlu kehati-hatian dan usahakan tidak tersangkut benda apapun. Meskipun begitu, motif lace indah-indah dan sangat beragam dan sangat worth it untuk mempercantik ruangan.

JenisHargaUkuran Meter
LaceMulai dari Rp12.5000,5

Cek harga promo di sini

5. Chenille

Bahan Chenille
source: shopee.co.id

Chenille memang lebih sering menjadi kain bahan pelapis kursi, tetapi bukan berarti tidak cocok untuk gorden. Materialnya yang berserat tebal agak mirip tenun dan rapat membuatnya menjadi sangat kuat awet. Bagi Anda yang punya anak kecil sedang aktif-aktifnya, biar ditarik-tarik chenille tidak akan robek.

Motif chenille juga beragam, meski lebih cenderung ke bunga-bunga atau mirip pola ukiran.

JenisHargaUkuran Meter
Chenille PolosMulai dari Rp15.0000,5
Chenille MotifMulai dari Rp36.0001

Cek harga promo di sini

6. Linen

Bahan Linen
source: blibli.com

Bahan linen juga spesial karena rata-rata memberikan kesan vintage baik yang bermotif atau polos. Material ini juga termasuk awet dan tidak mudah luntur setelah berulang-ulang pencucian.

Gorden bahan linen termasuk ringan dan tidak terlalu tebal sehingga cocok untuk daerah yang cuacanya lumayan panas. Oleh karena bahannya yang ringan, sensasinya saat terbang terkena angin juga memberikan kesan sejuk.

Karena itu bahan linen menjadi bahan gorden yang bagus untuk rumah Anda.

JenisHargaUkuran Meter
LinenMulai dari Rp15.0000,5
Linen tipe crepeMulai dari Rp38.5000,914

Cek harga promo di sini

7. Blackout

Bahan Blackout
source: shopee.co.id

Bahan gorden blackout persis namanya berfungsi untuk memblok secara penuh cahaya dan udara. Jadi, jangan heran jika material ini cukup berat karena memang tebal dan strukturnya berlapis-lapis.

Pemakaiannya sangat cocok di daerah yang dingin dan berangin kencang. Meskipun namanya blackout, tapi warnanya tidak semuanya hitam tersedia warna lain dan beberapa motif sederhana.

JenisHargaUkuran Meter
BlackoutMulai dari Rp42.0000,5

Cek harga promo di sini

8. Nilon

Bahan Nilon
source: shopee.co.id

Nilon mungkin lebih terkenal dalam hal benang, tetapi sebagai material gorden juga bagus. Sifat bahannya yang cepat kering, ringan, dan tidak mudah kusut pas untuk Anda yang ingin sering berganti gorden. Mencucinya akan mudah dan tidak perlu dirapikan lagi karena memang tidak gampang kusut.

Kebanyakan bahan nilon hadir dengan warna-warna cerah, meski pilihan motifnya cenderung ke sederhana.

JenisHargaUkuran Meter
NilonMulai dari Rp7.5001

Cek harga promo di sini

9. Brokat

Bahan Brokat
source: shopee.co.id

Brokat mungkin sekilas mirip dengan lace, walaupun sebenarnya berbeda jauh. Bahan brokat lebih ke sebuah kain yang kemudian diberi berbagai embos motif, sehingga lebih tebal dan varian dasar kainnya beragam.

Umumnya, brokat lebih ke motif-motif cantik, seperti bunga, ukiran, pemandangan dengan berbagai warna. Kesan yang brokat timbulkan lebih ke estetik, mewah, dan elegan. Semakin sulit motif dan bagus material kain, akan semakin mahal.

JenisHargaUkuran Meter
BrokatMulai dari Rp12.5000,5

Cek harga promo di sini

10. Sutra

Bahan Sutra
source: shopee.co.id

Satu kata untuk gorden berbahan sutra yaitu mewah. Kain sutra punya pesona sendiri yang sulit diungkapkan. Meskipun dari bahan sekilas sama-sama terlihat mengkilap seperti satin, tetapi sutra ada di level yang berbeda.

Kemewahan sutra sangat terlihat jelas, dan membuat aura ruangan terlihat lebih wah. Sayangnya, sutra mudah pudar jika sering  terkena sinar matahari langsung oleh karena itu perlu perawatan ekstra.

JenisHargaUkuran Meter
SutraMulai dari Rp160.0000,914

Cek harga promo di sini

Ada beragam bahan yang bagus untuk material gorden, bukan? Ternyata meski sama-sama bagus, masing-masing punya kelebihan sendiri-sendiri.

Pemilihan Bahan Gorden yang Bagus

Melihat banyaknya pilihan dan masing-masing keistimewaan tersendiri, sebaiknya pilih yang mana? Bahan mana yang terbagus serta membuat rumah atau ruangan menjadi lebih fresh dan memberikan suasana baru?

Jawabannya, tergantung tema, suasana, dan bagaimana keadaan di rumah Anda. Misalnya, menginginkan ruangan terkesan mewah yang sekali lihat orang langsung wah, maka sutra. Akan tetapi, jika lingkungan rumah dingin berangin dan tetap ingin suasana motif yang ceria, bahan katun yang tebal pas.

Jadi, kesimpulannya bahan gorden yang bagus bisa berbeda-beda untuk setiap orang tergantung kebutuhan dan keinginannya. Beberapa bahan mungkin cukup mahal, tetapi gorden merupakan barang yang awet. Oleh karena itu, jika sekali-kali agak mengeluarkan dana lebih rasanya tidak apa-apa.

error: Content is protected !!