10 Rekomendasi Bahan Hoodie yang Bagus dan Berkualitas

3 min read

Bahan hoodie yang bagus apa, ya? Apakah baby terry, fleece cotton, atau masih ada material lain yang lebih berkualitas dan lebih baik untuk hoodie? Bagi Anda yang ingin membeli sweater bertudung tersebut atau malah memproduksinya sendiri, pilih yang mana?

Lagak-lagaknya cukup sulit untuk memilih jenis bahan hoodie dengan kualitas bagus, apalagi jika masih awam. Bagaimana membedakan antara bahan yang satu dan yang lain ketika sekilas mirip-mirip?

Apakah harus menggunakan insting atau melihat harganya saja, kalau mahal ya bahan hoodie bagus kalo murah jelek. Akan tetapi, kalau memakai cara ini bagi yang ingin memesan hoodie custom atau pesan untuk produksi sendiri bagaimana?

10 Rekomendasi Bahan Hoodie yang Bagus

Bagi Anda yang sedang berkutat mencari tahu jenis atau nama bahan hoodie, tenang saja. Kami punya rekomendasi bahan yang bagus sekaligus dilengkapi dengan informasi mengenai material tersebut. Jadi, bagi Anda yang mau mencari tahu bahan berkualitas terbaik tidak akan kesulitan.

1. Fleece

Bahan hoodie yang bagus 1
source: amazon.com

Kain fleece merupakan salah satu bahan terfavorit untuk pembuatan hoodie. Materialnya yang kuat, lembut, tidak terkesan bulky tetapi cukup tebal, dan bisa mempertahankan panas membuatnya banyak yang suka. Meskipun bisa mempertahankan panas dengan baik, bahan ini juga  breathable.

Karakteristik fleece sendiri, halus, seratnya mirip wool, cenderung agak sulit basah.

JenisHargaUkuran M
FleeceMulai dari Rp22.5000,5

Cek harga promo di sini

2. Katun

Bahan hoodie yang bagus 2
source: etsy.com

Material katun sangat cocok untuk bahan hoodie bagi anak-anak, bahkan bagi yang kulitnya sensitif. Fabric satu ini breathable, terasa ringan, halus, dan pastinya menyerap keringat dengan baik. Jadi, jangan heran jika bahan hoodie H&M juga banyak yang terbuat dari katun. 

Sedikit banyak, karakteristik katun memang agak mirip dengan fleece meskipun keduanya berbeda. Perbedaan paling mencolok ada di kualitas menyerap keringat dan aman bagi kulit sensitif. Perbedaan lain dari segi fisik, katun lebih lembut, lebih mudah basah, lebih sulit kering, tetapi tidak cepat bau.

JenisHargaUkuran M
Katun MurniMulai dari Rp30.0000,5

Cek harga promo di sini

3. Jersey

Bahan hoodie yang bagus 3
source: amazon.com

Bahan jersey cukup menarik karena sifatnya yang stretchy atau bisa melar. Konteks melar di sini bukan yang cepat longgar tapi lebih ke bisa menyesuaikan bentuk tubuh. Umumnya, brand hoodie terbaikdi bidang olahraga akan memakai material ini karena kebanyakan model hoodie yang fit body.

Cukup mudah membandingkan material ini dengan bahan yang lain bahkan bagi awam. Karakteristiknya halus mirip dengan katun, bisa melar, menyerap keringat, dan breatable.

JenisHargaUkuran M
JerseyMulai dari Rp14.5000,5

Cek harga promo di sini

4. Wool

Wool
source: aliexpress.com

Hoodie yang terbuat dari wool memang ada? Tentu ada, meski memang jarang karena bahan hoodie yang tebal semacam itu lebih cocok untuk daerah dingin. Di Indonesia sendiri untuk wilayah yang dingin seperti Temanggung, Wonosobo, atau lebih spesifiknya Dieng, akan sangat pas.

Membedakan materi ini dengan yang lain sangat mudah sekali. Bahan wool asli seratnya sangat terlihat, halus, lembus, tebal, dan terlihat bulky.

JenisHargaUkuran M
Wool asliMulai dari Rp117.0000,5
Semi WoolMula dari Rp35.0000,5

Cek harga promo di sini

5. Rayon

rayon
source: etsy.com

Bahan rayon lagi-lagi sedikit mirip katun jika dilihat sekilas. Akan tetapi, keduanya tetap berbeda karena rayon material pembuatnya lebih condong ke serat kayu.

Sifat bahannya menyerap keringat, nyaman di kulit, dan ringan. Umumnya, lebih sering untuk hoodie di cuaca-cuaca yang tidak terlalu dingin. Perbedaan yang mencolok dari katun adalah bahannya yang lebih tipis dan sedikit mengkilap.

JenisHargaUkuran M
Rayon motifMulai dari Rp21.0000,5
Rayon polosMula dari Rp16.0000,5

Cek harga promo di sini

6. Spandex

spandex
source: aliexpress.com

Spandex lumayan mirip dengan jersey, bahannya sama-sama melar, halus, lembut, kuat, dan sangat elastis. Perbedaan yang paling ketara antara keduanya yaitu spandex lebih melar, dan lebih kuat. Hebatnya lagi, material ini resistant terhadap cairan tubuh, deodorant, dan lotions.

Bagi yang ingin membuat hoodie untuk olahraga, jenis bahan ini sangat cocok. Apalagi, bahannya mudah menyesuaikan dengan bentuk tubuh sehingga saat badan sudah terbentuk bisa terlihat.

JenisHargaUkuran M
Poli SpandexMulai dari Rp46.0000,5
Spandex PremiumMula dari Rp92.0000,5

Cek harga promo di sini

7. Baby Terry

Baby Terry
source: shopify.com

Bahan baby terry mungkin cukup asing, tetapi sebenarnya banyak merek hoodie memakai material satu ini. Mirip seperti katun, bahannya halus, lembut, breatable, kuat, dan bagian dalamnya tidak terdapat bulu halus.

Ciri-ciri utama baby terry adalah mirip katun tetapi versi lebih menggembung atau terlihat fluffy. Apabila keduanya berjejeran, pasti bisa membedakannya dengan sangat mudah.

JenisHargaUkuran M
Baby terryMulai dari Rp78.0000,95

Cek harga promo di sini

8. Taslan

Taslan
source: amazon.com

Taslan memang lebih lazim untuk bahan parka atau jaket outdoor yang anti air. Meskipun begitu, sekarang hoodie berbahan taslan juga cukup banyak karena sweater berkerudung tersebut memang sangat nyaman.

Ciri khas taslan adalah bahannya yang terlihat mirip plastik tetapi juga lembut seperti katun. Material pembuat taslan yang terbuat dari nilon membuatnya juga tahan angin.

JenisHargaUkuran M
TaslanMulai dari Rp29.0001

Cek harga promo di sini

9. Polyester

Polyester
source: freepik.com

Material polyester juga cukup favorit untuk bahan hoodie karena cenderung awet dan tahan banting. Hal ini karena bahan utamanya yang terbuat dari serat sintetis membuat polyester lebih kuat.

Karakteristik bahannya mirip dengan katun yang lembut, hanya saja tidak terlalu breathable karena sintetik.

JenisHargaUkuran M
PolyesterMulai dari Rp16.0000,45

Cek harga promo di sini

10. Ripstop

Ripstop
source: alibaba.com

Ripstop terdengar cukup asing ya di telinga? Akan tetapi, sebenarnya bahan ini cukup terkenal sebagai material  jaket gunung. Apabila Anda perhatikan, susunan serat benangnya seperti kotak-kotak, sangat khas.

Alasan pola serat seperti itu karena ripstop merupakan semi tenun dan berbahan nilon. Jadi, jangan heran jika materialnya memang kuat, tidak mudah robek, dan cocok untuk kegiatan di luar ruangan dengan cuaca tak menentu.

JenisHargaUkuran M
RipstopMulai dari Rp13.5000,5

Cek harga promo di sini

Rekomendasi-rekomendasi di atas merupakan bahan yang bagus untuk pembuatan hoodie. Setiap bahannya mempunyai karakteristik tersendiri tinggal Anda yang menentukan ingin hoodie seperti apa.

Memilih Bahan Hoodie yang Bagus

Berbicara mengenai bahan hoodie yang terbaik, sekarang sudah tidak bingung lagi bukan? Ada banyak material yang bisa kamu pilih jika ingin membeli atau memesan hoodie secara custom. Perbedaan masing-masing bahan juga sudah jelas sehingga tidak sulit membedakannya.

Mengenai mana bahan yang terbaik, jika melihat dari karakter masing-masing kain tentu yang sesuai kebutuhan. Contohnya saja ingin hoodie yang bagus dan tebal, mungkin wool akan cocok.

Kesimpulannya, mana bahan hoodie yang bagus ya semua rekomendasi di atas bagus-bagus tinggal pilih mau yang seperti apa. Saat memilih pastikan juga cek lagi apakah bahan yang Anda pilih memang sesuai dengan label di kain tersebut. Hal ini agar tidak tertukar saat membeli karena bisa saja label tercampur di toko.

error: Content is protected !!