10 Rekomendasi Bahan Kemeja yang Bagus dan Berkualitas

3 min read

10 Rekomendasi Bahan Kemeja yang Bagus dan Berkualitas

Memilih bahan kemeja entah beli jadi,  dijahit sendiri, atau untuk pesanan karena punya usaha tailor bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Untuk kemeja formal, Anda bisa memilih bahan yang lebih tebal, namun tetap memiliki kualitas dan tingkat kenyamanan yang tinggi.

Namun, terlalu banyak pilihan seringkali membuat kita bingung untuk memilihnya. Tidak jarang para pembeli merasa bimbang ketika harus memilih kemeja mana yang paling cocok untuk dipilih.

Sebenarnya, Anda bisa tahu mana bahan kemeja yang bagus bila tahu macam-macam jenis bahan yang bagus untuk kemeja. Apabila sudah tahu karakteristik masing-masing bahan, nanti tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jadi, kemeja yang dibuat atau dipilih sesuai dengan harapan dan tidak mengecewakan.

Rekomendasi 10 Bahan Kemeja yang Bagus

Untuk membantu Anda agar pilihannya tidak terlalu banyak, kami sudah menyiapkan rekomendasi terbaik. Berangkat dari rekomendasi itu nanti Anda bisa memilih bahan baik dari yang terbaik. Pada rekomendasi juga sudah tertera perkiraan harganya, sehingga akan sangat memudahkan. Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Poplin

Bahan kemeja yang bagus

Banyak yang mengira poplin sama dengan katun, padahal meski materialnya hampir sama tetapi berbeda. Poplin tekstur kainnya lebih terlihat karena pembuatannya memakai sistem tenun sederhana. Hal ini membuat poplin halus, breatable, awet, dan bahannya lebih tipis dari katun.

Cocok untuk pembuatan kemeja dengan finishing yang terlihat luxury karena pola kainnya yang unik. Kainnya yang lebih tipis juga pas untuk daerah yang lumayan panas.

Jenis KainPerkiraan HargaUkuran (Meter)
PoplinRp15 ribu0,5
Poplin OrganikRp30 ribu0,914

Cek harganya di sini

2. Chambray

Bahan kemeja yang bagus

Membedakan kain chambray dengan yang lain sangat mudah, tinggal pilih saja mana yang tekstur kain mirip denim. Chambray memang sangat mirip denim, hanya saja jalinan seratnya lebih halus.

Bahan lebih tipis, lebih breathable, dan tentunya lebih halus bila membandingkannya dengan denim. Jika ingin membuat kemeja denim yang lebih adem, material chambray sangat cocok.

Jenis KainPerkiraan HargaUkuran (Meter)
ChambrayRp24.0000,5

Cek harganya di sini

3. Oxford

Bahan kemeja yang bagus

Bahan kemeja kantor yang bagus, awet, dan tidak mudah bernoda adalah oxford. Alasannya karena oxford terbuat dari material katun + polyester dengan tenunan berbeda yang membuat seratnya lebih berkualitas.

Material oxford cukup tebal tapi ringan, awet, tidak mudah berlubang dan berkerut, serta breatable. Untuk membedakan bahan ini dengan yang lain bisa dengan melihat struktur serat kainnya yang seperti terbuat dari titik-titik.

Jenis KainPerkiraan HargaUkuran (Meter)
OxfordRp11 ribu0,5
Oxford PremiumRp18 ribu0,457

Cek harganya di sini

4. Flanel

Bahan kemeja yang bagus

Flanel merupakan jenis bahan yang terbuat dari material woven yang agak renggang dengan teknik napping. Teknik tersebut membuat flanel punya tekstur unik yang membuatnya lebih hangat.

Kemeja yang terbuat dari flanel akan terasa lebih hangat tetapi tidak pengap. Tipe flanel juga tidak mudah berkerut, rusak, dan mudah menyerap keringat. Jadi, meski banyak yang suka flanel lebih karena motif kotak-kotaknya, sebenarnya dari segi kualitas juga bagus.

Jenis KainPerkiraan HargaUkuran (Meter)
FlanelRp15.9000,5

Cek harganya di sini

5. Katun

Katun

Bahan kemeja katun sepertinya yang paling umum, favorit, dan banyak dikenal. Karakteristik kain yang hypoallergenic, breathable, halus, lembut, awet, menyerap keringat, dan warna tidak mudah luntur.

Pantas saja banyak brand yang memilih katun sebagai salah satu materialnya, seperti bahan kemeja uniqlo.

Jenis KainPerkiraan HargaUkuran (Meter)
Katun PremiumRp15.0000,5
Katun Motif BordirRp19.1500,5

Cek harganya di sini

6. Rayon

Rayon

Rayon karakteristiknya lumayan mirip dengan katun, sama-sama halus, breatable, dan lembut. Hanya saja, tampilan rayon cenderung lebih sedikit mengkilap daripada katun. Hal ini karena rayon tidak sepenuhnya terbuat dari material alami, melainkan ada campuran sintetik.

Bahan rayon sendiri bila menjadi kemeja menghasilkan finishing yang bagus. Kemeja tampak berkelas karena sentuhan sedikit mengkilap yang rayon berikan.

Jenis KainPerkiraan HargaUkuran (Meter)
Rayon PolosRp12 ribu0,5
Rayon Motif PremiumRp20 ribu0,5

Cek harganya di sini

7. Linen

Linen

Lagi-lagi, jenis bahan ini juga lumayan mirip dengan katun dari segi tekstur dan karakteristik bahan. Hanya saja, perbedaan terbesar ada di sifat kainnya yang lebih kuat, lebih menyerap, dan lebih cepat kering. Itulah mengapa di daerah yang cenderung panas, kemeja linen favorit.

Akan tetapi, meski bagus sayangnya linen mudah berkerut jadi pastikan setrika dulu sebelum memakainya.

Jenis KainPerkiraan HargaUkuran (Meter)
Linen PolosRp21 ribu0,5
Linen RamiRp14 ribu0,5

Cek harganya di sini

8. Satin

Satin

Membedakan satin dengan bahan-bahan lain sangatlah mudah, kain yang paling mengkilap dan terlihat halus, ya satin. Hasil akhir pakaian satin yang terlihat mewah, elegan dan berkelas membuatnya jadi bahan kemeja wanita yang bagus.

Bahannya memang terlihat panas, tetapi jika satin berkualitas premium sudah cukup breathable.

Jenis KainPerkiraan HargaUkuran (Meter)
Satin VelvetRp7 ribu0,5
Satin FuringRp11 ribu1
Satin PremiumRp24 ribu1

Cek harganya di sini

9. Drill

Drill

Bahan kemeja drill biasanya populer untuk membuat pakaian kerja luar ruangan karena lebih awet. Bahannya sebenarnya masih setipe dengan katun, hanya saja serat kainnya mirip dengan denim yang diagonal.

Drill sedikit lebih tebal dari katun, meskipun begitu tetap breathable dan lembut. Bahannya juga tidak mudah mulur, walau mudah berkerut.

Jenis KainPerkiraan HargaUkuran (Meter)
DrillRp14 ribu0,5
Drill AmericanRp15 ribu0,5

Cek harganya di sini

10. Denim

Denim

Denim cukup berbeda dari bahan-bahan kemeja sebelumnya dari segi warna, ketebalan, dan serat bahan. Rata-rata warna denim lebih ke corak biru, tebal, dan seratnya diagonal. Kemeja dari denim kuat dan tahan lama, warnanya juga awet, tidak mudah melar, serta mudah menyetrikanya.

Kemeja dengan bahan denim memang sulit dijahit karena ketebalannya. Akan tetapi, material ini termasuk populer karena selain awet juga terlihat modis, kekinian dan stylist.

Jenis KainPerkiraan HargaUkuran (Meter)
DenimRp23 ribu0,45
Denim WashRp80 ribu1,25

Cek harganya di sini

Rekomendasi bahan-bahan di atas adalah jenis material kemeja yang bagus dan berkualitas. Ada berbagai tipe kain dengan karakteristik berbeda, ada yang mengkilap, cenderung tebal, cocok untuk daerah panas, dan lain-lain.

Pilih Bahan Kemeja yang Terbaik

Apakah sekarang sudah ada bayangan bahan kemeja seperti apa yang terbaik menurut Anda? Rasanya semua bahan memang bagus dan mempunyai keunggulan masing-masing.

Untuk memilih atau mendapatkan yang terbaik dari yang baik, sebaiknya sesuaikan dengan keinginan. Kira-kira seperti apa kemeja yang ingin Anda miliki atau buat? Apabila sudah bisa menentukan, baru pilih jenis kain mana dari bahan di atas yang sesuai kriteria Anda.

Pastikan Anda telah memilih bahan kemeja yang bagus untuk digunakan sehari-hari. Bahan kemeja yang bagus tentu akan membuat Anda merasa nyaman ketika menggunakannya, dan penampilan Anda akan terlihat semakin mempesona.

error: Content is protected !!