5 Model Bak Mandi Plastik Unik Terbaik, Minimalis, dan Ekonomis

3 min read

5 Model Bak Mandi Plastik Unik Terbaik, Minimalis, dan Ekonomis

Salah satu alasan mengapa memilih menggunakan bak mandi plastik unik adalah ringan sehingga mudah untuk dipindahkan. Selain itu, harganya pun tergolong murah. Di sisi lain, model dan ukurannya pun beragam. Cocok untuk Anda yang memiliki kamar mandi sempit.

Bila Anda berminat untuk menggunakan bak mandi berbahan plastik, berikut ini merupakan rekomendasi bak mandi yang terbuat dari plastik. Selain dibuat dari material terbaik, bak mandi ini juga relatif terjangkau untuk dipasang di rumah Anda.

Rekomendasi Bak Mandi Plastik Unik Terbaik

Ingin bak mandi yang pasang permanen atau nonpermanen sehingga bisa Anda pindah? Berikut rekomendasi dari kami. Ada yang murah banget, harganya affordable.

1. Bak Mandi Air Sudut Oval

bak mandi plastik unik 1
source: shopee.co.id

Adanya bak mandi di kamar mandi sangat membantu Anda sewaktu mati listrik dan kehabisan air karena fungsinya bisa sebagai penampung air. Sehingga Anda tetap bisa beraktivitas, seperti mencuci atau mandi.

Dengan uang Rp210.000, Anda sudah bisa mendapatkan bak mandi sudut desain minimalis ini.

Bak mandi berbahan plastik PP ini memiliki volume 80 liter. Di sisinya ada tambahan tempat sabun. Buat Anda yang tidak membutuhkan tempat sabun ini, bisa juga memilih yang tanpa wadah sabun. Ukuran panjangnya 52 cm, lebar 56 cm, dan tinggi 57 cm.

Selain putih, ada juga warna lain, yaitu pink, biru muda, ivori, merah, biru tua, hijau, dan abu-abu.

Cek linknya di sini.

2. Bak Air Mandi Kotak

bak mandi plastik unik 2
source: shopee.co.id

Bukan hanya sudut dengan bentuk seperempat lingkaran, ada juga bak mandi plastik unik segi empat atau kotak. Bak air mandi kotak segi ini tersedia dalam 2 ukuran, yaitu besar dan kecil.

  • Bak yang kecil berukuran: panjang 57 cm, lebar 57 cm, dan tinggi 62 cm. Kemudian kapasitas airnya 90 liter dengan bobot produk 4 kg.
  • Bak besarnya berukuran: panjang 65 cm, lebar 65 cm, dan tinggi 64 cm dengan kapasitas air 120 liter. Produknya berbobot 5 kg.

Harganya menyesuaikan dengan ukuran, yaitu Rp230.000 untuk kecil dan Rp250.000 untuk besar. Sedangkan pilihan warnanya, Anda bisa memilih putih, biru muda, marun, pink, dan biru tua. Variasi modelnya juga ada dua, ya. Polos tanpa wadah sabun atau dengan tambahan tempat sabun.

Cek link di sini.

3. GATOR Bak Air Kamar Mandi Sudut

bak mandi plastik unik 3
source: shopee.co.id

Kemudian, ada lagi bak mandi sudut dengan desain seperempat lingkaran. Meski bentuknya sama, yang membedakan antara produk nomor satu dan ini adalah bagian tengahnya ada lis.

Bak mandi ini memiliki desain yang minimalis dan elegan. Terbuat dari PVC tebal yang tidak mudah pecah dan anti bocor. Selain itu, terdapat juga cover luar untuk bak mandi sudut sehingga Anda tidak perlu mengecornya lagi.

Ada juga lubang pembuangan untuk menguras bak apabila kotor. Di sisi lain, kapasitas tampungnya cukup besar, yaitu 120 liter dengan ukuran produk, panjangnya 56 cm, lebar 56 cm, dan tinggi 66 cm. Produk ini hanya tersedia satu warna, yaitu putih. Produk GATOR dibanderol dengan harga Rp385.000.

Cek linknya di sini.

4. Bak Kamar Mandi Model Sudut Walrus

Bak Kamar Mandi Model Sudut Walrus
source: shopee.co.id

Desain bak kamar mandi ini sedikit unik, sih, karena modelnya mirip dengan motif pada pot. Yakni garis-garis ke bawah. Wadah tampungan air dari Walrus hanya tersedia satu warna, yaitu putih dengan kapasitas 150 liter.

Ukuran dimensinya, panjang 55 cm, lebar 55 cm, dan tinggi 58 cm. Dan ukuran ini kubikasi net. Bahannya asli PVC premium yang tebal dengan desain yang ergonomis. Selain itu, modelnya sudah lengkap dengan saluran pembuangan air. Termasuk dengan cover bagian luar sehingga bisa Anda pakai sebagai bak mandi nonpermanen.

Harga satu buahnya Rp432.000. Menariknya, dalam satu produk Anda akan mendapatkan bonus gayung dan cadangan saluran pembuangan.

Cek linknya di sini.

5. Bak Air Kamar Mandi Sudut PVC

Bak Air Kamar Mandi Sudut PVC
source: shopee.co.id

Terakhir, ada bak mandi PVC dengan desain terbaru. Ada dua wadah tambahan di sisinya, yaitu wadah sabun dan alat mandi seperti pasta gigi, sikat, dan sampo. Bak ini bisa Anda pasang permanen atau non permanen. Modelnya sudut dengan bentuk seperempat lingkaran.

Selain biru, ada juga tiga warna lain, yaitu marun, hijau, dan krem. Bak mandi ini tidak dilengkapi dengan lubang pembuangan, tetapi sudah ada tempat untuk lubang pembuangannya. Anda hanya perlu melubanginya dan membeli saluran pembuangan di toko besi terdekat.

Meski begitu, bak mandi ini paling murah daripada yang lain, yaitu Rp125.000. Apabila ingin tambah dengan gayung, juga bisa. Harganya Rp140.000.

Cek linknya di sini.

Cara Pemasangan Sanitary yang Benar

Cara Pemasangan Sanitary yang Benar

Untuk pemasangan bak air tanpa cover seperti produk nomor 2, berikut adalah cara pemasangan yang benar.

  1. Ukurlah terlebih dahulu baknya kemudian aplikasikan ke ruang kosong yang hendak Anda pasang bak tersebut. Untuk memudahkan, Anda juga bisa menandainya.
  2. Setelahnya, buatlah adonan semen dan pasir secukupnya.
  3. Kemudian, berikan adonan semen dan pasir masing-masing sisinya, baik vertikal yang menempel dengan tembok maupun horizontal di bagian dasarnya. Langkah ini seperti cara memasang keramik. Untuk ketebalan adonannya adalah 5 cm.
  4. Lalu pastikan jika bagian dasarnya penuh dengan adonan sehingga panel bak depannya menggantung sedikit di atas lantai. Apabila tidak menggantung maka beban akan bertumpu pada panel depan sehingga hal ini akan membuatnya gampang penyok atau bergelombang.
  5. Pastikan jika bak tidak bergoyang. Setelahnya ratakan agar rapi dan bagus.

Tidak semua bak mandi perlu adonan semen dan pasir. Seperti bak nomor tiga. Anda bisa langsung menempatkannya di bawah kran tanpa harus membuat adonan semen dan pasir.

Kelebihan bak seperti ini adalah bisa mudah Anda pindahkan. Sementara bak dengan pemasangan memakai adukan pasir dan semen memiliki risiko rusak sewaktu pelepasan.

Tips Perawatan Bak Air Mandi dari Plastik

Apabila sudah terpasang, ikutilah cara perawatan sanitary berikut agar bak mandi Anda awet.

1. Jangan Membersihkannya dengan Benda Tajam

Ketika bak kotor, jangan bersihkan menggunakan sikat atau benda tajam. Namun, bersihkan dengan busa atau kain microfiber yang lembut.

Hal ini agar tidak menimbulkan goresan pada bak. Jika baret ini terus bertambah maka ketebalannya akan semakin menipis dan ada kemungkinan bak bocor.

2. Hindarkan dari Api

Sesuai dengan bahannya, plastik tidak tahan dengan api. Maka hindarkan bak mandi dari api, baik itu api besar atau api kecil seperti puntung rokok.

3. Jangan Pakai Cairan Kimia

Selain tidak boleh memakai benda tajam, Anda juga tidak boleh menggunakan cairan kimia ketika membersihkannya. Hal ini bisa merusak elemen plastiknya. Seperti mempercepat keausan.

4. Poles Dengan Produk Pengkilap

Untuk mempertahankan kecantikan kilap bak mandi, Anda bisa memolesnya dengan produk pengkilap seperti KIT.

Sebaiknya, lakukan hal ini secara berkala.

5. Bak Mandi Non Permanen

Beberapa memang memiliki desain yang nonpermanen alias bisa dipindah. Nah, untuk Anda yang memang punya acara dan mengharuskan memindah-mindah bak mandi.

Pastikan setelah memakainya untuk Anda bersihkan dan keringkan dengan kain halus. Jangan menjemurnya karena panasnya bisa membuat elemen plastik rusak.

Setelah Anda keringkan, simpan pada tempat yang baik.

Bak Mandi Berkualitas, dengan Harga Terjangkau

Bak mandi plastik PVC terbagi menjadi dua jenis, yaitu pemasangan permanen dan nonpermanen alias bisa Anda pindah. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun, ada alasan mengapa memilih menggunakan bak mandi plastik unik daripada bahan lainnya, yaitu murah dan tersedia dalam beberapa ukuran, dari kecil, sedang, hingga besar. Sehingga pemasangan dan penyesuaiannya tidak memakan tempat.

error: Content is protected !!