8 Bonsai Asem Jawa Terindah dan Unik untuk Dekorasi

3 min read

8 Bonsai Asem Jawa Terindah dan Unik untuk Dekorasi

Bonsai asem jawa terindah menjadi salah satu bonsai yang paling banyak dicari saat ini. Ini karena asem jawa memiliki batang yang kokoh dan daun yang rimbun. Alhasil, ketika Anda jadikan sebagai bonsai, maka bentuknya akan terlihat cantik.

Sayangnya, Anda perlu perawatan tanaman yang lebih telaten, yaitu mulai dari menyiram, memangkas hingga memberikan pupuk yang tepat.

Lalu, adakah bonsai asem jawa terbaik dengan bentuk yang indah? Ada dan berikut daftarnya.

8 Model Bonsai Asam Jawa Terindah dan Terbaik

Masing-masing bonsai memiliki bentuk dan kesan yang berbeda. Jika dalam kontes, penilaian tergantung dari kesehatan, kesan, karakter, arah gerak, proporsi dan dimensi bonsai itu sendiri.

Lalu, bonsai asem jawa seperti apa yang dinilai indah? Berikut kami sajikan 8 model bonsai asem jawa terbaik yang bisa Anda jadikan inspirasi.

1. Pohon Asem Jawa Tegak Berkelok

bonsai asem jawa terindah 1
source: shopee.co.id

Model pertama adalah tegak berkelok. Bonsai informal upright style ini merupakan model atau style yang paling banyak Anda jumpai.  Kenapa bisa begitu? Ini karena bentuknya hampir sama dengan tanaman asem jawa yang ada di alam.

Bonsai tegak berkelok atau yang bisa Anda sebut dengan bonsai moyogi ini memiliki batang yang berkelok seperti ular. Walaupun terlihat natural, tapi, dalam proses membuat bonsai, membuat liukan seperti ular perlu banyak proses.

Jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa memilih bibit asem jawa plintir dengan harga sekitar Rp30 ribuan.

Info lengkapnya, cek di sini.

2. Bonsai Asem Jawa Tegak Lurus

bonsai asem jawa terindah 2
source: shopee.co.id

Jenis bonsai asam jawa dengan bentuk tegak lurus atau formal upright style memiliki batang yang lebih besar di bagian bawah dan kecil di bagian atas. Jenis bonsai ini umumnya memiliki cabang yang ideal baik saat Anda lihat dari sisi kanan-kiri atau depan-belakang. Alhasil, bonsai asem jawa batang lurus ini terlihat cantik dari sisi manapun.

Lalu, berapa harganya? Harga bonsai asem jawa tegak lurus (chokkan) cenderung variatif. Misalnya untuk tinggi sekitar 55 cm dengan perawatan sekitar 5 tahun, rata-rata harganya mulai dari Rp2 jutaan.

Info lengkapnya, cek di sini.

3. Bonsai Shakan Style

bonsai asem jawa terindah 3
source: shopee.co.id

Miring atau shakan style merupakan model bonsai dengan posisi batang miring. Uniknya bagian dahan dan daun bagian atas tetap tegak lurus. Karakter bonsai asem jawa terindahini seperti pohon yang tumbuh di lereng yang agak landai seperti mencari sinar matahari.

Dalam pertumbuhannya, akar dari bonsai miring ini sebaiknya tumbuh ke segala arah. Jika pun tidak, maka akar terkuat harus menjalar ke sisi yang berlawanan. Misalnya pohon miring ke kanan, maka akar terkuat harus ada di sebelah kiri.

Karena itu, Anda tidak hanya perlu memperhatikan bagian perawatannya saja, tapi juga dalam pemilihan bibit bonsai.  Bibit bonsai asam jawa memiliki harga sekitar Rp10.000 — Rp37.000.

Info lengkapnya, cek di sini.

4. Bonsai Cascade

bonsai asem jawa terindah 4
source: shopee.co.id

Selanjutnya ada bonsai cascade atau air terjun. Karakter bonsai asem jawa ini terlihat begitu anggun karena pohon yang menggantung dan jatuh hingga ke bagian bawah pot.

Pada dasarnya, ada 2 jenis kengai atau cascade dalam bonsai, yaitu:

  • Cascade atau suspend untuk yang full menggantung.
  • Han kengai atau setengah menggantung.

Contoh di atas merupakan jenis bonsai asem, jawa dengan model setengah menggantung karena panjangnya belum sampai ke bawah pot.  Untuk jenis bonsai asam jawa seperti di atas, harga bibitnya sekitar Rp30.000 – Rp35.000.

Info lengkapnya, cek di sini.

5. Bonsai Asem Jawa di Atas Batu

Bonsai Asem Jawa di Atas Batu
source: shopee.co.id

Bonsai asem jawa yang tumbuh di atas batu menjadi salah satu bonsai asem jawa termahal. Bukan tanpa alasan kenapa harganya cukup mahal karena untuk Anda butuh perhatian yang ekstra agar asem jawa bisa tumbuh.

Bonsai yang tumbuh di atas batu bisa memberik kesan eksotis dan tua. Alhasil, bonsai jenis ini memiliki bentuk yang unik dan berbeda dari bonsai yang lainnya.  Bagaimana dengan harganya? Rata-rata, harga bonsai asem jawa memiliki harga sekitar Rp1.700.000 untuk tinggi 42 cm.

Info lengkapnya, cek di sini.

6. Bonsai Asem Jawa Batang Ganda

Bonsai Asem Jawa Batang Ganda
source: shopee.co.id

Selanjutnya ada bonsai asem jawa dengan batang ganda. Jenis bonsai ini terlihat seperti membelah pohon karena memiliki 2 batang besar.  Biasanya, jenis bonsai ini memiliki harga yang cukup mahal. Alasannya, karena jarang ada bonsai dengan 2 cabang.

Lalu, berapa harganya? Rata-rata, harga bonsai dengan cabang 2 atau sokan memiliki harga sekitar Rp1,8 jutaan untuk tinggi sekitar 40 cm.

Info lengkapnya, cek di sini.

7. Bonsai Asem Jawa Kawariki

Bonsai Asem Jawa Kawariki
source: shopee.co.id

Siapa bilang bonsai yang dibiarkan tumbuh secara natural tidak bisa terlihat menarik? Dengan perawatan yang baik, bonsai asem jawa kawikir bisa jadi bonsai yang indah.

Kawariki atau tak lazim merupakan bentuk bonsai yang tidak bisa Anda golongkan ke bentuk bonsai yang lainnya. Walaupun tak lazim, jenis bonsai ini tetap bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin memiliki bonsai untuk hiasan atau ‘modal’ untuk mengikuti kontes. Untuk harganya sendiri, kurang lebih sekitar Rp1,7 jutaan.

Info lengkapnya, cek di Shopee

8. Bonsai Asem Jawa Bunjinki

Bonsai Asem Jawa Bunjinki
source: shopee.co.id

Bonsai asam jawa bunjinki atau literati atau sastrawan menjadi salah satu bonsai paling digemari. Model yang disukai oleh para sastrawan pada zaman dahulu ini, memiliki tampilan yang unik.  Jenis bonsai ini memiliki batang yang kecil dengan dahan yang sedikit. Bonsai sastrawan cenderung memiliki dahan yang pendek.

Bagaimana dengan harganya? Untuk harga bibit bonsai asem jawa dengan bunjin atau bunjinki style ini sekitar Rp275.000 – Rp300.000. Dengan harga tersebut, Anda bisa mendapatkan tanaman dengan umur bonsai asem jawa sekitar 1 tahun.

Info lengkapnya, cek di sini.

Trik Memilih Bonsai Asem Jawa Terbaik

Karena terlihat unik dan indah, akhirnya, tidak sedikit yang kemudian memilih bonsai asem jawa sebagai pilihan untuk hiasan atau kontes. Sayangnya, tidak semua orang bisa memilih bonsai yang tepat dan merawat bonsai.

Sebelum memilih, Anda harus memahami dulu, bagaimana cara untuk merawat bonsai. Mulai dari penyiraman hingga pemupukan agar bonsai tumbuh dengan baik.

Setelah itu, agar tidak salah pilih dan zonk, Anda perlu memperhatikan ketahanan usia dan ukuran bonsainya. Ada mame bonsai (5-15 cm), ko bonsai (15-30 cm), chiu bonsai (30-60 cm), bonsai besar (>90 cm).

Jangan lupa untuk memilih akar yang simetris terutama jika Anda ingin mengembangkan kembali bonsai tersebut ke bentuk yang Anda inginkan.

Itulah deretan bonsai asem jawa terindahdengan bentuk yang unik. Jika tertarik, Anda bisa mencari bonsai yang sudah jadi atau memulai menanam sendiri menggunakan biji pilihan atau batang dari indukan yang berkualitas.

error: Content is protected !!