13 Rekomendasi Bubur Bayi Organik Terbaik yang Sehat

9 min read

13 Rekomendasi Bubur Bayi Organik Terbaik yang Sehat

Bubur telah menjadi pilihan banyak orang tua untuk melengkapi MPASI anaknya yang masih bayi. Namun tahukah kamu kalau bubur bayi organik jauh lebih baik daripada bubur instan pada umumnya?

Memangnya, apa perbedaan bubur organik dan non-organik? Saat ini pun sudah beredar banyak merek bubur instan untuk bayi 5 bulan yang terbuat dari bahan organik. Selain itu, bentuknya juga sangat beragam, mulai dari bubuk, botol, hingga freeze-dried.

Lalu bagaimana cara memilih bubur yang bagus untuk bayi kamu? Selain itu, baguskah bubur organik untuk bayi? Nah, semua pertanyaan kamu tadi akan dijelaskan di artikel ini.

Kamu juga akan mendapatkan informasi seputar merek bubur bayi yang bisa kamu pertimbangkan, apalagi kalau kamu ingin memberikan makanan organik untuk sang buah hati.

13 Rekomendasi Bubur Bayi Organik Terbaik yang Sehat

Nah, sekarang kamu sudah memahami kebaikan dari menggunakan bahan organik. Selain itu, kamu juga sudah membaca informasi tentang tips memilih makanan bayi instan organik terbaik.

Lalu apa saja pilihan yang tersedia di pasaran? Kami telah merangkum beberapa produk bubur bayi yang terbuat dari bahan-bahan organik. Kamu bisa menemukannya di toko-toko terdekat maupun membelinya secara online.

1. Nayz – Bubur Beras

bubur bayi organik
source: shopee.co.id

Kalau kamu mencari bubur MPASI yang rasanya enak dan menyehatkan serta tersedia di mana-mana, maka Nayz adalah pilihan yang tepat. Merek yang satu ini menyediakan berbagai rasa, namun bubur beras yang satu ini sangat baik untuk si buah hati.

Review Nayz bubur bayi organik sendiri cukup baik. Apabila kamu cek label nutrisi dan bahan-bahannya, bubur yang satu ini mengandung vitamin A dan C yang cukup tinggi. Dengan mengkombinasikan beras, sayur, dan daging ayam pilihan, bubur dari Nayz ini akan menjadi MPASI yang disukai bayi.

Untuk menyiapkan bubur yang satu ini, kamu harus menyiapkan rice cooker atau slow cooker. Tapi kalau ingin yang tradisional, sih, kamu bisa menggunakan panci saja.

2. Yummy Bites Meal

Yummy Bites Meal - bubur bayi organik
source: yummybites.com

Rekomendasi bubur bayi organik berikutnya adalah Yummy Bites Meal. Bubur yang satu ini hanya menggunakan bahan-bahan organik dan segar. Selain itu, resepnya pun menggunakan resep rumahan sehingga rasanya benar-benar seperti masakan ibu.

Bubur ini memiliki kemasan jar kaca sehingga kebersihannya terjaga. Bahkan kalau kamu akan bepergian, membawa Yummy Bites Meal pun akan sangat mudah. Biar tidak bosan, kamu bisa melengkapi pilihan rasa untuk si kecil.

Selain rasa sweep potato, bubur yang satu ini juga menyediakan rasa labu dan pir serta pir dan nasi. Kamu hanya perlu memanaskan bubur ini di microwave selama satu menit. Sebaiknya bubur langsung habis, ya, setelah kamu membukanya.

3. Only Organic

3. Only Organic
source: images.squarespace-cdn.com

Apakah kamu sedang mencari bubur bayi instan terbaik? Jika begitu maka kami rekomendasikan Only Organic untuk sang buah hati. Seperti namanya, bahan yang digunakan untuk meracik bubur bayi yang satu ini 100% organik.

Bahan utamanya adalah susu murni dari New Zealand. Oleh karena itu, tekstur dari bubur bayi yang satu ini sangat lembut. Kamu pun bisa memodifikasi bubur bayi yang satu ini menjadi dessert. Tidak cuma susu, ada juga berbagai rasa lain yang cocok untuk si kecil.

Kalau kamu suka yang praktis-praktis, maka Only Organic juga menyediakan kemasan pouch. Nantinya kamu tinggal menuangkan ke mangkuk tahan panas dan hangatkan di microwave sebentar.

4. Nestle Cerelac Bubur Sereal

Nestle Cerelac Bubur Sereal
source: cerelac.co.id

Nestle juga mengeluarkan produk bubur bayi organik dengan bahan all-organic, yaitu Cerelac Bubur Sereal. Produk yang satu ini mengandung vitamin B kompleks dan juga vitamin penting lainnya. Selain itu, produk ini akan menjadi cara yang menyenangkan untuk mengenalkan beras merah pada buah hati.

Seperti namanya, bubur yang satu ini mengandung susu sehingga akan terasa familiar untuk indra perasa bayi. Berdasarkan anjuran, kamu bisa memberikan bubur ini dua kali sehari setelah menginjak 6 bulan.

Oh ya, ada berbagai varian rasa juga yang bisa kamu coba. Dengan begitu, si buah hati akan semakin banyak mengeksplor rasa.

5. Milna Bubur Bayi Organic

Milna Bubur Bayi Organic
source: shopee.co.id

Kalau kamu mencari “jual bubur bayi organik terdekat” di Google, pasti Milna akan muncul di urutan atas. Merek lokal yang satu ini mengeluarkan produk bubur bayi organik dengan berbagai rasa – pisang adalah yang paling populer.

Karena terbuat dari bahan organik, pisang yang digunakan dalam bubur ini pun juga dipastikan kemurniannya. Selain kaya serat dan berbagai gizi yang penting untuk bayi, rasanya pun enak.

Mengingat bubur ini adalah produk organik, kamu tidak perlu khawatir akan kontaminasi bahan-bahan yang ada di dalamnya. Kalau kamu ingin mengenalkan beras merah, Milna juga punya varian bubur beras merah organik untuk bayi, lho.

6. Bubur Rasa Buah by Peachy

Bubur Rasa Buah by Peachy
source: shopee.co.id

Kalau kamu ingin mengenalkan rasa buah, maka kamu bisa mencoba Peachy. Bubur bayi organik yang satu ini terbuat dari kombinasi mangga, ubi, dan juga puree wortel. Oleh karena itu, rasanya sangat segar dan buah hati pun pasti suka.

Tidak hanya buah, bubur organik ini juga menggunakan beberapa sayuran yang penting untuk pertumbuhan si kecil. Selain bisa dimakan langsung, kamu pun bisa mencampurkannya dengan nasi tim atau sereal untuk menambah citarasa.

Peachy punya berbagai varian rasa yang bisa kamu coba. Dengan begitu, si kecil pun semakin mengenal banyak rasa sejak mulai MPASI.

7. Bubs Organic Super Vegetable

Bubs Organic Super Vegetable
source: shopify.com

Kalau kamu tidak ingin ribet dengan cara membuat bubur bayi organik, maka kamu bisa coba bubur keluaran Bubs. Selain menggunakan bahan-bahan super organik, kamu tidak perlu menambahkan apa-apa lagi ke dalamnya.

Kemasannya sendiri tersedia dalam bentuk pouch maupun kemasan besar. Untuk kamu yang suka praktis, kemasan pouch akan sangat membantumu. Selain mudah dibawa ke mana-mana, Bubs mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang penting untuk si kecil.

Meskipun Bubs adalah merek impor, saat ini bubur organik yang satu ini telah mendapat sertifikasi halal dari MUI. Ada berbagai varian rasa juga, lho.

8. Heinz Organic

Heinz Organic
source: images.salsify.com

Sekarang ini, Heinz telah mengeluarkan berbagai varian bubur bayi organik berbahan baku all-organics. Dengan rasa yang beragam, bahan yang ada di setiap varian pun berbeda-beda namun tetap mengedepankan nutrisi yang penting untuk si buah hati.

Misal untuk varian Tender Beef, Heinz benar-benar menggunakan daging sapi pilihan lengkap dengan sayur-mayur organik yang kaya akan vitamin. Kemasannya sendiri adalah toples kaca yang bisa kamu simpan di lemari.

Kami menyarankan untuk memberikan bubur yang satu ini ke bayi usia 8 bulan ke atas. Selain itu, jangan lupa untuk mencoba varian rasa lainnya, ya.

9. Gerber Organic Oatmeal Banana

Gerber Organic Oatmeal Banana
source: www.gerber.com

Produk bubur organik berikutnya yang bisa kamu berikan ke buah hati adalah dari Gerber. Bubur ini berupa oatmeal dan teksturnya relatif lembut. Karena terbuat dari gandum organik, maka bubur yang satu ini sangat kaya akan serat.

Tidak hanya itu, Gerber juga memperkaya produknya dengan berbagai vitamin penting untuk pertumbuhan, zat besi, dan asam folat. Sebenarnya ada berbagai rasa yang bisa kamu pilih, namun varian Banana adalah yang paling populer.

Agar lebih nikmati, kamu bisa menyajikannya dengan susu formula atau ASI. Kalau buah hati suka makanan hangat, Gerber Organic Oatmeal bisa kamu hangatkan dulu, lho.

10. Organic Baby Porridge by Bellamy’s

Organic Baby Porridge by Bellamy’s
source: shopee.co.id

Rekomendasi bubur dengan bahan-bahan organik berikutnya adalah Bellamy’s. Merek yang satu ini punya berbagai pilihan untuk MPASI mulai usia 5 bulan ke atas. Nah, Baby Porridge ini adalah yang paling cocok untuk si kecil yang baru belajar MPASI.

Selain tersedia dalam kemasan pouch, Bellamy’s juga memberikan pilihan kemasan ziplock sehingga kamu bisa menyimpannya dengan mudah. Terbuat dari gandum utuh, bubur organik yang satu ini menawarkan gizi dan nutrisi yang lengkap untuk si buah hati.

Untuk menyajikannya, kamu bisa menambahkan susu atau air. Apabila si kecil sudah bisa makan buah, kamu pun bisa mencampurkan buah untuk tambahan tekstur.

11. Gasol Organik Tepung Ubi

Gasol Organik Tepung Ubi
source: www.gasolorganik.com

Bubur instan untuk bayi apakah aman? Tentu saja aman, asalkan kamu memilih bubur yang tepat dan sesuai dengan usia si buah hati. Salah satu merek lokal yang bisa kamu coba adalah Gasol.

Sebenarnya Gasol menawarkan berbagai rasa, tidak hanya tepung ubi saja. Namun yang satu ini yang paling banyak peminatnya. Bahkan bayi-bayi pun menyukai rasa sweet potato dari Gasol Organik ini.

Bubur organik yang satu ini mengandung banyak nutrisi penting dan juga karbohidrat yang mudah terurai. Oleh karena itu, pencernaan bayi pun akan merasa familiar dengan teksturnya. Selain itu, coba juga, ya, varian rasa lainnya dari Gasol Organik untuk selingan.

12. Plum & Blum

Plum & Blum
source: www.plumandblum.com

Kamu bisa menemukan bubur bayi 6 bulan terbaik dari merek Plum & Blum. Merek yang satu ini tidak hanya menjual bubur namun juga beras dan bumbu lainnya yang cocok untuk MPASI.

Jadi kalau kamu ingin membuat menu MPASI yang enak tapi aman, maka Plum & Blum adalah solusinya. Bahan-bahannya semua organik, sehingga bisa kamu berikan ke si kecil setiap hari.

Kemasan yang berbentuk jar pun memudahkan kamu untuk menyimpan di freezer – tahan hingga satu bulan setelah dibuka. Kalau penasaran, kamu bisa beli semua varian rasanya dan buktikan sendiri betapa si bayi menyukai rasa Plum & Blum.

13. Happy Baby Organic Probiotic Baby Cereal

Happy Baby Organic Probiotic Baby Cereal
source: healthycornersby.com

Apa perbedaan bubur bayi organik dan biasa? Tentu saja perbedaan utamanya terletak pada bahan yang digunakan. Selain itu, bubur yang terbuat dari bahan organik memiliki rasa yang lebih enak.

Salah satunya adalah Happy Baby Organic. Seperti namanya, bubur yang satu ini terbuat dari all-organic ingredients. Selain, itu ada kandungan probiotik yang cocok untuk pencernaan bayi. Teksturnya cukup halus sehingga mudah dicerna.

Produk yang satu ini juga memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi dari produk lainnya. Nah, kalau kamu tidak masalah merogoh kocek agak dalam, maka Happy Baby Organic ini cocok untuk MPASI si buah hati.

Manfaat Memilih Bubur Bayi Organik

Apa yang dimaksud dengan bubur bayi organik? Seperti namanya, bubur ini khusus dibuat dan diformulasikan untuk bayi dan menggunakan bahan organik.

Selain menggunakan bahan organik yang aman untuk konsumsi, kandungan lain yang ada di dalamnya biasanya memang mengandung segudang kebaikan yang mendukung pertumbuhan bayi.

Biasanya, bubur bayi dengan bahan-bahan organik ini mengkombinasikan beberapa bahan bermutu, seperti kentang, ubi jalar, tomat, labur, zucchini, daging sapi, nasi, dan wortel.

Maka dari itu kami sangat menyarankan agar kamu memilih bubur bayi organik yang bagus daripada jenis bubur lainnya. Nah, di bawah ini adalah beberapa manfaat bubur organik untuk bayi yang sebaiknya tidak kamu lewatkan.

Rasa Lebih Kaya

Mungkin banyak orang mengatakan bahwa makanan yang terbuat dari bahan organik rasanya aneh. Namun bahan organik adalah cara terbaik untuk memberikan pengalaman makan pertama si buah hati.

Menurut berbagai penelitian, makanan organik memiliki rasa yang lebih baik dan enak. Selain itu, karena terbuat dari berbagai campuran bahan-bahan terbaik, rasanya pun lebih kaya. Maka dari itu, hanya berikan bubur organik khusus untuk bayi kamu yang baru MPASI.

Mendukung Tumbuh Kembang Bayi

Masih banyak orang tua yang hanya peduli perihal kuantitas. Misal, ibu-ibu merasa tenang kalau anak makannya banyak. Namun kepedulian terhadap kualitas bahan yang digunakan masih belum tinggi.

Menurut penelitian, balita yang mengkonsumsi produk olahan susu organik memiliki riwayat eksim dan mengi yang lebih rendah. Maka dari itu, dengan memberikan bubur bayi dengan kandungan bahan organik, kamu telah memastikan bahwa si buah hati mendapatkan gizi terbaik.

Tidak Terpapar Pestisida

Apabila dibandingkan dengan bahan-bahan non-organik, sumber pangan yang menerapkan metode organik memiliki risiko paparan pestisida yang lebih rendah.

Maka dari itu, bubur organik akan jauh lebih baik untuk bayi daripada yang tidak menggunakan bahan organik. Selain itu, paparan pestisida memiliki resiko kesehatan yang cukup fatal.

Terlalu banyak kontaminasi yang ada pada bahan makanan rupanya dapat menghambat perkembangan otak, dan mengganggu kesehatan secara keseluruhan. Maka dari itu, ini saatnya kamu beralih ke bubur instan bayi organik.

Cara Memilih Bubur Bayi Organik Terbaik yang Sehat

Saat ini kamu pasti dengan mudah menemukan produk dengan label “organik” di kemasannya. Hal tersebut rupanya juga berlaku untuk bubur untuk bayi. Lalu apakah semua bubur dengan label organik adalah sama?

Bagaimana cara memilih bubur organik yang baik untuk MPASI sang buah hati? Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Pilih yang Sesuai Usia

Seringkali orang tua yang baru punya satu anak bertanya “bubur bayi organik untuk usia berapa”. Nah, saat ini bubur yang dijual di pasaran maupun e-commerce biasanya sudah mencantumkan untuk usia berapa.

Di sisi lain, kamu pun juga harus cermat dalam memilih bubur. Tentu saja tekstur bubur untuk bayi 6 bulan beda dengan yang untuk usia 10 bulan. Jadi sebelum menentukan merek yang akan kamu beli, pastikan bubur tersebut cocok untuk usia bayi kamu.

2. Cek Bahan-bahan yang Digunakan

Seperti membeli makanan kemasan pada umumnya, mengecek label nutrisi dan bahan-bahan yang digunakan adalah hal yang krusial. Pastikan bahwa produk yang akan kamu beli benar-benar bebas pestisida.

Selain itu, cek lagi kandungan garam, gula, dan juga bahan-bahan lainnya. Pada dasarnya, si kecil tidak perlu makan garam terlalu banyak. Garam hanya untuk perasa ala kadarnya.

Memilih bubur yang rasanya cenderung hambar akan jauh lebih baik daripada yang memiliki rasa kuat. Hal ini akan memudahkan kamu untuk menambahkan variasi atau modifikasi resep.

Lagipula, nantinya kamu ingin si buah hati terbiasa dengan masakan rumahan, bukan? Dan satu hal lagi, sebaiknya kamu tidak memberikan makanan yang mengandung zat aditif dan juga pengawet.

Memang jenis bubur yang seperti ini memiliki masa kadaluarsa yang lebih cepat. Namun bisa dipastikan bahwa yang tanpa pengawet akan jauh lebih sehat, terutama untuk si bayi.

3. Sudah Memiliki Izin dan Bersertifikasi

Pada dasarnya, bubur bayi terbaik sudah mendapatkan izin edar dari BPOM. Maka dari itu, pastikan produk bubur yang akan kamu beli sudah memiliki izin dari lembaga terkait dan juga memiliki sertifikasi yang diperlukan.

Selain mengecek izin dan sertifikasi, pastikan juga kalau masa kadaluarsa masih lama. Pasti kamu tidak mau memberikan makanan yang sudah expired ke buah hati, bukan?

4. Bentuk dan Kemasan

Saat ini bubur bayi dijual dengan berbagai bentuk dan kemasan. Tentu saja kamu tidak perlu terpaku pada satu bentuk atau kemasan saja. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Misalnya, bubur bentuk bubuk mengharuskan kamu menambah air panas dan meletakkannya di wadah makan sendiri. Tentu hal ini sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari. Namun jika kamu akan bepergian, sebaiknya menggunakan kemasan pouch atau jar karena mudah membawanya.

5. Cek Kandungan Zat Pemicu Alergi

Alergi memang bisa terjadi pada siapa saja, apalagi pada bayi yang organ pencernaannya masih dalam tahap perkembangan. Maka dari itu, resiko alergi akan jauh lebih tinggi pada bayi, terutama ini adalah pertama kalinya ia mencoba makanan baru.

Sebagai orang tua, kamu pun harus memastikan ulang zat-zat yang terkandung dalam bubur. Menurut pakar nutrisi, ada beberapa jenis makanan yang umumnya memicu alergi pada bayi, di antaranya adalah:

  • Udang
  • Kepiting
  • Soba
  • Kacang
  • Gandum
  • Produk olahan susu
  • Telur

Memang bahan-bahan tersebut terdengar umum. Namun sebaiknya kamu menghindari hal-hal di atas ketika pertama kali memberikan makanan pendamping ASI.

Apabila nantinya si buah hati tidak memiliki alergi, kamu bisa memperkaya referensi makanannya dengan menyertakan bahan-bahan di atas tadi.

Sudah Bisa Memilih Bubur Bayi Organik untuk Bayi Anda?

Memastikan gizi anak terpenuhi adalah kewajiban setiap orang tua. Dengan memberikan bubur organik untuk bayi yang tepat, program pendamping ASI yang kamu jalankan sebagai orang tua pun akan berjalan dengan baik.

Demikian beberapa merek bubur bayi organik yang bisa kamu berikan untuk si buah hati. Pastikan kamu selalu memilih produk yang memang dibuat untuk bayi dan memberikan berbagai kebaikan untuk anak tercinta, ya.

error: Content is protected !!